Ikan Grass carp


Selain dipanggil dengan nama grass carp, ikan yang bernegeri leluhur Tiongkok ini sering pula dipanggil dengan nama carper rumput atau koan. Ikan yang hobi menyantap rerumputan ini sebenarnya sudah terbilang lama menjadi warga Indonesia (he he). Di tahun 1915 dulu, ikan yang memiliki nama ilmiah Ctenopharyngodon idellus ini dilaporkan pernah didatangkan ke aceh. Kemudian, ikan ini berturut turut didatangkan dari muangthai dan jepang masing-masing pada 1949 dan 1964.
Grass carp merupakan salah satu jenis ikan unggul yang dapat digunakan sebagai pengendali gulma. Hal ini dikarenakan sifatnya yang herbivore atau pemakan rerumputan / tumbuhan. Karena masih sedikitnya masyarakat yang mengetahui tentang keberadaan ikan ini sebagai salah satu jenis ikan unggul.
terdapat beberapa factor yang menjadi penyebab ikan ini kurang diminati oleh masyarakat yaitu kurangnya promosi yang dilakukan tentang ikan ini dan sulitnya untuk melakukan pemijahan ikan ini dikarenakan masih sedikitnya masyarakat yang faham tentang cara pemijahan ikan secara buatan dan ikan ini biasanya dipijahkan secara buatan dengan disuntik ekstrak kelenjar hipofisa.